Menanti Truk Listrik Pertama di Indonesia Tanpa Guyuran Subsidi

Menanti Truk Listrik Pertama di Indonesia Tanpa Guyuran Subsidi

Jakarta – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengaku sudah siap meluncurkan eCanter. Ini menjadi truk listrik pertama yang mengaspal di Indonesia.

Mitsubishi Fuso akan menjual eCanter mulai 2024 di Indonesia. Truk listrik itu akan didatangkan secara Completley Built Up (CBU) dari Kawasaki Plant, Jepang.

“Ditunggu saja, nanti kami akan mengeluarkan tagline Fuso pelopor truk listrik di Indonesia,” kata Deputy Group Head of Fuso Branding PT KTB Sudaryanto di Bandung, Kamis (29/2/2024).

Di Indonesia segmen truk listrik belum mendapatkan insentif. Mayoritas bantuan pemerintah itu datang untuk segmen mobil penumpang dan sepeda motor.

Misalnya aturan insentif mobil dan bus listrik diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 38 Tahun 2023 tentang Pajak Pertambahan Nilai Atas Penyerahan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Empat Tertentu dan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Bus Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2023.

Pemberian insentif tersebut akan ditujukan pada:

(i) Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai Roda Empat dan Bus dengan TKDN ≥40%, akan diberikan PPN DTP sebesar 10% sehingga PPN yang harus dibayar tinggal 1%,

(ii) KBL Berbasis Baterai Bus dengan 20% ≤ TKDN < 40% diberikan PPN DTP sebesar 5%, sehingga PPN yang harus dibayar sebesar 6%.

Sedangkan Thailand baru-baru ini sudah memberi sinyal insentif untuk truk listrik.

Meski truk listrik belum mendapatkan subsidi, pria yang akrab disapa Toto ini mengatakan, pihaknya akan tetap memasarkan eCanter di Indonesia.

“Tim kita pasti sudah ada kita mulai (mendorong pemberian insentif), mungkin yang truk kita sambil menyiapkan dan diskusi (insentif) dengan pemerintah,” kata Toto.

Mitsubishi Fuso eCanter sudah menjalani proof of concept di Indonesia bahkan sudah menempuh jarak sejauh 7.000 km di berbagai medan di Indonesia. Selain tes jalan, truk tersebut juga digunakan untuk mengangkut barang-barang berat.

Di Jepang, Mitsubishi Fuso eCanter sudah dijual ke perusahaan. Salah satunya transportasi logistik S-Line Group. Truk listrik itu digunakan untuk rute-rute yang sudah terukur.

“eCanter mungkin sama untuk saat ini, melihat Indonesia, fokusnya di smart city, di perkotaan,” kata Toto.

Pada ajang GIIAS 2023 lalu, Truk eCanter generasi baru juga diboyong ke Indonesia. Truk itu memiliki 3 pilihan ukuran baterai menyesuaikan dengan kebutuhan dari konsumen.

eCanter Next Generation dilengkapi ukuran baterai dengan tiga variasi yaitu ukuran S, M dan L yang menghasilkan performa tenaga dan jangkauan kendara berbeda dalam sekali pengisian. S punya power 41 kWh dengan jangkauan jarak 70-100 km, lalu M diklaim punya power 83 kWh jarak tempuh 120-150 km, dan L memiliki power 124 kWh yang bisa mencapai jarak 170-200 km.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours